-->

Aphrodite dan wanita sekarang


konon,ketika Yunani menjadi pusat peradaban dunia sebelum masehi,atas nama kebebasan,keindahan dan seni,mereka terkagum-kagum dengan kecantikan wanita. Saking tingginya kecintan mereka terhadap wanita, mereka akhirnya menyelipkan beberapa di antaranya sebagai Tuhan dan diantara tuhan-tuhan wanita, 

Aphrodite adalah tuhan wanita yang termashur di kalangan bangsa Yunani.Dalam mitos Yunani, Aphrodite ini adalah istri dari Tuhan laki-laki tapi ia menyeleweng dengan tiga Tuhan laki-laki lainnya. Bahkan tidak hanya itu, Aphrodite juga meyeleweng dengan seorang pria biasa dari kalangan manusia biasa. Hmm, dan penyelewengan itu akhirnya membuahkan hasil yang menakjubkan. Si aprhodite ini hamil dan melahirkan seorang putra bernama Kupid atau sering kita kenal dengan nama Cupid dan yang lebih keren lagi, putra dari Aphrodite itu di nobatkan sebagai Tuhan baru dan orang yunani menyebutnya sebgai cupid atau Tuhan Cinta.

Mereka sering mengklaim atau menobatkan apapun menjadi Tuhan. Yah kalau jaaman dulu nih,orang-orang banyak tuh yang menyembah batu. Tapi terasa lucu, ketika mereka naik tapi karena Tuhan batu mereka, kapal mereka kelebihan muatan :-)  bahkan ada pula yang menyembah makanan. Tapi karena mereka dilanda musim kelaparan,mereka akhirnya memakan tuhan-tuhan mereka. Ah,kasihan. Mungkin saking pinternya,orang menciptakan Tuhan-Tuhan yang baru. 

Di kalangan orang yunani dahulu,sering kali menghasilkan karya berupa patung wanita telanjang yang cantik nan jelita. Hmm,ternyata mereka tidak asal mengahsilkan karya. Ada beberapa tujuan di buatnya patung wanita telanjang nan jelita itu. Mereka menyembah patung-patung telanjang itu dan menjadikan mereka sebagai sumber inspirasi seksual mereka. sungguh ini merupakan keedanan dan kesintingan yang menakjubkan.

Kehadiran tuhan-tuhan itu memberikan inspirasi baru dan di sanjung dan di nobatkan sebagai ritual baru. Sehingga pelacur-pelacur yunani misalnya,ndak perlu tuh mendirikan rumah,hotel atau wisma untuk melakukan tugas mereka. Tapi cukup menjadi serorang biarawati. Sst,soalnya fungsi biarawati saat itu bersigfat ganda. 

Selain keagamaan dan seksual.,jauh sebelum mitos Aphrodite, orang yunani menemukan mitos Pandora. Yah,di bandingkan aphrodite,pandora ini memiliki nasib tak seberuntung aphrodite. Jika ibu dari cupid itu di sanjung dan di puja, si Pandora ini malah di anggap wanita sebagai mata air segala duka dan lara. Kaum pria memperlakukan wanita sebgai budak yang tidak ada harganya sama sekali dan digunakan untuk memenuhi kebutuhan seks saja. 

Selain itu,keberadaan wanita di anggap sebagai malapetaka yang menimpa manusia sepanjang hidup. ini mirip Arab Zaman Jahiliyah yang tidak menginginkan hadirnya anak perempuan. Mungkin saat ini,banyak pula wanita-wanita  yang ingin menjadi seperti aphrodite.


Yang ingin di sanjung dan di puja. Namun terkadang ada pula aphrodite-aphrodite yang bingung meski ia merasakan kemewahan dan menerima jutaan pujian. sebut saja marlyn monroe, artis ngetop,glamour yang terkenal di masanya.Ia diduga mati bunuh diri dan para penyidik menemukan sepucuk suratya yang ia tulis sebelum kematiannya. Mari kita intip secuil suratnya yang berisi ketidaknyamanan seorang marlin Monroe. 

“Aku adalah wanita paling malang di muka bumi, aku tidak bisa menjadi Ibu.” 

Pilihan wanita saat ini adalah ingin menjadi aprhodite atau menjadi wanita yang seutuhnya. karena wanita diciptakan bukan tanpa tujuan. sebagaimana Ibu kita kartini, tugas wanita adalah pendidik manusia pertamakali. . Wallahu’alam bi showab

Inspired by rak majalah yang paling bawah. 
 Soerabaya,24 mei fil maktabah mahad umar ibn al khattab.

Previous
Next Post »