-->

Bagaimanapun juga,uang hanyalah kertas.


Disadari atau tidak, uang yang kita gunakan transaksi jual beli hanyalah dari kertas. Asli kertas tanpa ada sehelai emas didalamnya.Hanya saja yang membedakan dengan kertas pada umumnya adalah proses produksinya yang unik.
Ini sekedar pengalaman saja. Waktu saya dan istri pergi ke minimarket untuk mengambil uang di ATM.Malangnya uang yang kami dapatkan adalah uang cuil atau tidak utuh. Meskipun hanya beberapa millimeter saja, uang itu jelas tak bisa untuk transaksi.  Dibelikan beras tidak bisa. Saat saya beli bensin dan saya pakai uang itu ternyata tidak bisa. Ditabungkan di Bank sekalipun juga tidak bisa aneh bukan? Solusinya ke Bank Indonesia dikota anda dan menukarnya. Itupun ada syaratnya.
Saat dirumah, istri sambat(baca:mengeluh) karena uang yang diambil tak bisa digunakan. Siapa yang rugi?
“Ya gini ini kalau uang dari kertas.” Katanya.Kalau uang darikertas, memang harus dijaga.karena kalau basah dan koyak, uang tak ada nilainya. Kebakar apalagi.
Uang adalah alat bayar. Bayangkan saja,dengan uang yang terbuat kertas,kita bisa membeli apa saja. Membeli rumah,membeli mobil dan yang lain. Uang memang tak ada emasnya. Jaman dahulu, semua diawali dengan barter dan beralih ke logam mulia seperti emas dan perak. Kalau kita telusuri sejarah, mata uang dahulu adalah emas dan perak. Rupiah dalam bahasa sanskerta sendiri memiliki arti “Rupaya” yang artinya perak. Tapi kenapa kertas? Hayo..
Perpindahanh mata uang emas ke kertas inilah banyak yang belum tahu. Sejarah mencatat bahwa asal muasal uang kertas berawal dari penyimpanan emas . setiap penyimpanan emas akan diberikan sertifikat.Nah dari sertifikat itulah asalmuasal uang. Sertifikat itu senilai dengan emas yang disimpan. Digunakan transaksi juga boleh. Karena sertifikat itu ada emasnya. (bisa ditukar dengan emas lagi)Sampai akhirya emas mulai langka keberadaannya.
Henry Ford pernah mengatakan ,
“Barangkali ada bagusnya rakyat amerika pada umumnya tidak mengetahui asal usil uang. Karena jika mereka tahu. Saya yakin besok pagi akaterjadi revolusi.”
Di amerika sendiri, ada The  federal reserve of new York yang sbenarnya menjajah amerika sendiri. Bahkan Tahun 1963 presiden JF Kennedy pernah memerintah menteri keuangan AS untuk mencetak koin perak untuk mengakhiri federal reserve dan tak perlu membayar pajak untuk uangnya sendiri. Namun lima bulan setelah keputusan itu .Kenedy dibunuh,
Presiden Johnson pengganti kennedy saat itu ketakutan dan membatalkan keputusan presiden kennedy dan menarik koin perak dari peredaran lalu dimusnahkan. Kenapa begitu? Itu karena amerika sudah dikendalikan federal. Mungkin ada yang belum tahu dollarnya federal dan dollarnya di jaman kennedy. Ini jelas beda.dijaman kennedy, amerika punya kuasa penuh mengendalikan uangnya.
Ada yang beranggapan kalau Federal  adalah buatan yahudi untuk mengendalikan amerika. Kalau amerika sudah tercengkeram, maka dunia juga gampang cengkeramannya . dengan world bank dan IMF,
Alih-alih membantu Negara.  timor leste adalah buktinya. Sebagai lintah darat tingkat internasional,timor timur dipisahkan dengan indonesia.  Sampai sekarang  kita bayar utang, nyicil untuk sesuatu yang tak pernah kita dapatkan. Melepas timor timur tapi bayar. Hadeh.. membahas IMF,tak cukup dartiker ini. Oke kita lanjutkan ke uang kertas.
Dizaman kekhilafaan mata yang digunakan adalah enmas dan perak. Karena itu berharga. Saat ini, uang memang lebh berharga. Iya emang betul. Tanpa uang kita tak kan hidup. Nggak salah orang dulukalau punya uang meti nbilang ”Beli o tanah.” karena tanah ,rumah,hewan ternak,logam mulia emas,perak,tembaga akan terus naik.
Harta karun juga dari emas perak. Kalau dari kertas pasti udah dimakan rayap tapi bagaimana lagi, uang kita adalah kertasharus dijaga baik-baik. Nilai uang juga tak akan bertambah. Satu juta sekarang dengan satu juta tahun 2000 jelas beda. Satu juta sekarang dan satu juta beberapa tahun kemudian juga beda nilanya.
Wallahua’lam bishowwab.
Previous
Next Post »