-->

Novel sin tiap hiap lu ( The return of condor heroes)


novel sin tiap hiap lu adalah menceritakan Yo Ko. Saya baru tahu kalau sebenarnya itu diangkat dari novel trilogi chin yung. di novel pertama, kita biasa mengenal dengan The legend of condor heroes atau legenda pendekar rajawali atau pendekar pemanah rajawali yang tokoh utamanya adalah kwe ceng. nah,kwe ceng ini ternyata juga sering muncul di novel kedua yaitu sin tiap hiap lu yang menceritakan yo ko. sin tiap hiap luatau the return condor heroes atau kembalinya pendekar rajawali. adalah novel kedua dari trilogi condor heroes. jika novel pertama menceritakan pendekar hebat Kwee ceng maka di novel ini menceritakan Yo Ko alias anaknya Yo kang ( adik angkat kwee ceng).
Berbeda dengan ayahnya yang di novel sebelumnya , Yo kang adalah tokoh antagonis atau tokoh jahat, maka di sin tiap hiap lu , yo ko adalah lakonnya. menceritakan kehidupannya yang berbeda dari yang lain. bagaimana tidak, yo ko menikahi gurunya sendiri(bibi lung) yang membuat semua orang terperangah. yah di novel sin tiap hiap lu memang menceritakan kisah cinta yo ko dan bibi lung. di sin tiap hiap lu ini, kita disuguhkan banyak peristiwa. tapi rasanya takpas jika tidak membaca novel yang pertama. karena tokohnya berkaitan semuanya. mulai dari Kwee ceng yang menjadi tokoh utama di novel pertama. kwe ceng adalah pemuda yang tangguh. sifatnya polos dan setia. saking polosnya, ia tak pernah mencurigai siapapun. bahkan boleh juga disebut seikit tolol tapi kung funya hebat. saya jadi teringat ketika kwee ceng hendak belajar jurus di ang-cit kong atau pengemis utara yang menjabat sebagai ketua partai pengemis. ang-citkong di sogok (suap) makanan enak biar bisa ngajari kwee he…he.. lucu. soalnya oey yong pinter masak.

Kwee ceng dan Oeyong (versi tv)
kemudian tokoh lain seperti oe yong atau istri kwee ceng. saat di novel pertama, mereka belum nikah. tapi di novel sin tiap hiap lu merka sudah punya anak satu. namanya Kwee Hu . seumuran dengan yo ko tapi menyebalkan dan sangat manja. oey yong adalah wanita yang cerdas. kalau lihat film legend condor heroes 2008, IQ oe yong di atas rata-rata. memiliki ingatan fotografi. kalau baca buku refrensi mahasiswa,niscaya ia bisa mengahafalkan dalam waktu singkat dan di tulis. seperti kitab 9 yin, ia bisa mengingat semua dan bisa menyalinnya. di novel sebelumnya atau yang sekarang,cukup menarik. karena kwee ceng tidak begitu cerdas dan memiliki keluguan yang luar biasa. sedangkan oe yong, dia wanita yang sangat jenius dan gampang curiga. oey yong sebeanrnya memiliki hati yang gersang. ia merasa ayahnya (oey yok su) tidak pernah mengajari kebaikan. terkadang cerdaspun masih banyak kekurangan. akhirnya di novel sebelumnya, Kwee ceng amat baik hati. saat itu ia menjumpai oey yong dengan pakaian kumal. kemudian kwee ceng mengajak makan. apalagi sifat kwee ceng yang suka menolong. tak perduli dikenal lama atau baik, ia selalu menolong.
“Kakak ceng,kenapa kau tolong dia? bukankah kau hanya mengenalnya baru-baru ini? biarkan saja dia mati”
“Hoeng er(oeyong) ,kenapa kau bilang begitu. kejam sekali kau”  begitulah keduanya. bertolak belakang.
kemudian  Ang cit-kong yang ada di novel sebelumnya. ia ketemu Yo ko saat ia frustasi di tinggal bibi lung. ang cit kong juga mengajarkan ilmunya. “tongkat pemukul anjing” tak lupa tokoh oe yang hong juga ada lho. oe yang hong atau si racun barat memang hebat tapi rada-rada stress alias gila. ia gila silat. di tipu oe yong mengenai kitab 9 yin. yah entahlah karena terobesei dengan kitab itu ia selalu saja menurut kepada oe yong meski membohonginya. ia kebetulan ketemu yo ko dan yo ko menjadikan oe yang hong ayah angkatnya (padahal oe yang hong adalah orang yang menipu ayahnya si Yo khang) dan amsih banyak tokoh-tokoh terdahulu seperti oe yoksu,bocah tua nakal atau ciu pek thong dan lain-lain.
ADa salah satu yang menarik di novel ini ketika ang citkong dan oe yang hong bertarung beebrapa hari. yah mereka adalah musuh bebuyutan. tarungnya memakan waktu harian. sampai akhirnya mereka mati di salju sambil saling memuji ilmu masing-masing. oe yang hong menciptakan ilmu kodok sakti dan angcitkong menciptakan ilmu tongkat pemukul anjing. mereka mati sebagai sahabat. sungguh aneh, berpuluh tahun mereka sebagai musuh ,mereka mati tertawa bersama saling memuji . ” permusuhan bertahun-tahun namun beres dengan sekali tertawa”
di novel sin tiap hiap lu ini, yo ko sempat berpisah dengan istrinya selama 16 tahun. tangannya juga hilang satu karena di potong Kwee Hu (putri pertama kwee ceng) dan disaat penantian itu ia belajar dan hidup bersama rajawali hitam. berbeda dengan rajawalinya kweeceng dan oe yong, rajawali yo ko agak buruk rupanya. begitu yang saya baca di novel. dan saat 16 tahun , anak kembar ceng Kwee siang dan kwee Lu sudah menginjak remaja.
Kwee siang adalah putri kwee ceng yang lahir saat perang mongol. lahirnya saat rumahnya terbakar.bayangkan saja, persalinan oe yong saat itu bebarengan dengan perang dan kebakaran karena ulah hakim roda emas. kwee siang berbeda dengan kwee hu yang manja. kwee siang lebih mirip dengan Oe yong baik tingkah laku maupun kecerdasannya meski tak secerdas ibunya. itu terbukti di bab novel ini “memiliki seperdua kecerdasan ibuku saja sudah beruntung” kata Kwee siang.
Kwee siang amat kagum dengan Sin tiau hiap lu ia tak tahu jika Sin tiau hiap lu atau Yo ko inilah yang merawatnya bersama kakaknya bibi lung. saat itu kwee siang ebanr-benar dijadikan rebutan. karena kondisi kota Xiang yang parah saat itu. Yo ko juga menghadiahkan beberapa kejutan untuk kwee siang diulang thaun ke 16 nya. diantaranya agak mengerikan, seperti ribuan pasang kuping dipotong dan diamsukan peti dan kembang api. haduh,baca novel ini rasanya tak bisa berhenti.
Sebenarnya saya ingin banyak bercrita tentang novel ini tapi sulit rasanya jika diungkapkan karena keterbatasan saya he..he.

Yoko dan Bibi Lung (karakter utama sin tiauw hiap lu)
ada beberapa hikmah yang bisa di ambil di novel ini. baik mengenai kenegaraan,persahabatan,persauaraan dan lain-lain.
kisah yo ko mirip dengan pamannya. sejak kecil sudah sangat malang. bedanya,sejak kecil yo ko sudah di latih oleh bibi lung dan menjadi pendekar hebat. ia pun jatuh cinta dengan gurunya sendiri. sedangkan kwee ceng. sampai ia besar ia pun tak bisa apa-apa. kungfu juga tak bisa. namun yang saya suka dari kwee ceng adalah semangatnya. meski dungu, “lambat” dan sukar berbicara / gagap. ia bisa menjadi orang besar karena kejujuran da kesetiaannya kepada negara. ini sangat berbeda dengan oe yong yang cerdas dan lucu. sebenarnya kwee ceng tidak dungu seperti dituturkan Hu ge pemeran kwee ceng terbaru. kwee ceng hanya memiliki pikiran yang sederhana atau simpel saja. dan lugu. itu saja.
yang lebih mengiris hati, ketika kematian ayah kwee ceng . saat lihat awal-awal adegan Legend condor heroes 2008,kepala dipenggal dan di kerek seperti bendera. sedangkanayah yo ko adalahsaudara angkat kwee ceng. penghianat namun kwee ceng sangat mencintainya. saking polosnya, kwee ceng selalu husnudzon. tak pernah berpikir bahwa yo kang itu memang jahat. karena kebaikannya, yo kang akhirnya luluh. saat perang mongol, kematian yokang sudah dekat tapi kwee ceng tak membunuhnya karena menganggap sebagai saudara. padahal yo kang juga membunuh guru-guru kwee ceng.(6 orang aneh)
di novel sin tiap hiap lu ini juga demikian, Yo ko mengira bahwa kwee ceng adalah pembunuh ayahnya. saat ia hendak membunuh kwee ceng disela kesempatan tepatnya disebuah peperangan. kwee ceng malah menolong yo ko dari serangan hakim roda emas. yo ko pun heran, kenapa pamannya menolongnya mati-matian? ia pun tak jadi membunuh kwee ceng. begitulah kwee ceng. yo ko sangat segan dengannya.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
20 Maret 2019 pukul 19.57 ×

hebat ya yoko dan kwee ceng

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar